Purnama

Posted: Mei 5, 2013 in Uncategorized
Ada berapa cara yang kamu ketahui untuk menikmatinya?
Kalau aku, malam ini, aku tahu satu lagi.
 
Tidak sengaja, aku menemukannya ketika sedang menaiki kereta malam. Kerangka – kerangka besi ini berguncang dingin, memeluk semua orang yang sepertinya sibuk dengan lelahnya masing – masing. Tidak banyak yang peduli dengan apa yang terjadi di luar sana. Aku juga, terutama. Sampai seseorang, entah siapa, membuka pintu dan tidak menutupnya kembali. Berada 3-4 baris menghadapnya, pintu itu sangat menggangguku. Sudahlah anginnya kencang dan dingin, berisik lagi.

Saat sudah berada di ambang pintu, kusadari bahwa angin leluasa masuk karena pintu gerbong juga terbuka lebar. Mungkin perbuatan pengasong di stasiun sebelumnya. Mungkin angin tidak setuju, tapi pintu di luar itu juga harus kututup. Kucoba sekali; dari dalam kuraih dan kudorong kenopnya, namun ternyata tidak begitu mudah. Kucoba kali kedua, disertai hentakan keras, tapi juga tidak mau tertutup. Mungkin karena ada yang mengganjal. Lalu aku buka lagi, agar pengganjalnya bisa kutemukan. Sial, kereta melaju semakin kencang dan angin yang berdesakan masuk juga sama. Sekali lagi karena terpaksa, harus kulongokkan kepalaku keluar gerbong, mencari apa dan dimana si pengganjal pintu.

Di tengah penggerutuan itulah aku menemukannya, kawan. Satu – satunya yang bercahaya alami, seolah menegaskan bahwa dia memang berbeda. Memang patut diperhatikan manusia, setiap kali dia datang dalam tahun – tahun yang telah meneribu. Dia, bulat sempurna dan menenggelamkan.

Akhirnya pengganjal pintu itu tidak dapat aku temukan. Aku justru sibuk menikmati malam dan dansa – dansa alam, yang tidak dapat manusia syukuri sepenuhnya. Duduk di situ, berjam – jam, bersahabat dengan angin yang awalnya berusaha aku hilangkan, ternyata merupakan salah satu saat yang paling membahagiakan.

Aih, petualanganmu, alam. Aku rindu.

 

Tinggalkan Balasan

